disqus

FEUP Pesta Reagge Hadirkan Rasjiman


INDONESIANSTUDY.com - Perkembangan musik Reggae Indonesia bisa dikatakan dalam kondisi di atas angin, karena hampir tiga atau empat even dapat terselenggara dalam setiap minggunya dan ribuan pemuda pemudi ikut berpartisipasi dalam setiap eventnya., Musik Reggae merupakan musik yang paling digandrungi  pemuda pemudi Indonesia tidak sedikit kampus yang menggelar acara music yang menampilkan musisi Reagge, salah satunya adalah Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila (FEUP) Jakarta.
Kemarin (15/04) FEUP menggelar pesta seni music di lapangan depan kampusnya, menampilkan salah satu band asal Jakarta Selatan Rajiman hingga malam. Meski kondisi lapangan becek dengan genangan air namun tidak mengurangi keinginan penonton untuk melihat performa Rasjiman di atas panggung.
Sekitar 2000 penonton memadati lapangan FEUP hanya ingin melihat aksi Rasjiman, ketua penyelanggara Olga Sofyan Pratama  mengatakan,  acara itu dibuat dalam rangka memenuhi program kerja yang rutin diadakan tiga bulan sekali, dan kali ini panitia mengundang Rasjiman sebagai bintang tamunya. Menurutnya Rasjiman akan mampu meramaikan acaranya yang bernama Economic Art Division itu. Dia menjelaskan Rasjiman selain antusiasnya banyak performanya juga bagus. “Jadi pas saja kalau kita undang Rasjiman,” katanya.
Nafas Reggae yang sarat akan lirik-lirik yang berisi tentang perjuangan dan pembebasan kaum yang lemah dari penindasan para penguasa-pun sudah seharusnya menjadi darah daging rakyat Reggae Indonesia juga para musisi yang kini dianggap rakyat Reggae Indonesia telah populer. Musisi Reggae Indonesia yang menanam hingga tumbuh dan berkembang sejak era 1960an hingga 1980an dan tetap eksis hingga saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa merekalah yang telah membuka gerbang awal Reggae Indonesia di belantika musik Indonesia. Dengan tetap menjaga kualitas dari karya-karya mereka, menandakan bahwa kualitas musisi Reggae Indonesia sebagai pribadi dan karya mereka memang merupakan hal yang utama untuk diperhitungkan dalam perkembagan Reggae di ndonesia. Dan ini yang membuat Reggae Indonesia digandrungi oleh para pecintanya.
Begitu kayanya musik yang telah terlahir di Tanah Ibu Pertiwi ini, yang bisa menjadi sumber mata air dalam mengeksplorasi Reggae dapat membawa seni dan budaya dari wilaah Barat ke Tengah lalu ke Timur dari Indonesia menjadi bagian dari semakin eratnya pertalian pesaudaraan pemuda pemudi Indonesia.
Seperti berbagai musik yang dapat kita dengarkan, jutaan bahkan puluhan juta jenis musik dengan berbagai bahasa yang tumbuh dan berkembang di Tanah Air kita. Sebut saja musik Campur Sari, Keroncong, Gamelan bahkan musik dari Papua dan berbagai music daerah lainnya yang telah mewarnai Negeri kita sejak jaman dahulu dapat berkolaborasi dengan harmonis dengan musik Reggae. Dan semua ini merupakan proses dari penetapan jati diri dari Reggae Indonesia dan menjadi pembuka gebang perubahan terhadap perbaikan di negeri Indonesia tercinta ini!
Musik reggae Indonesia telah bangkit. Hal ini ditandai munculnya musisi-musisi reggae yang ikut meramaikan industri musik Indonesia yang dari jaman ke jaman powered by Pop music. Banyaknya media-media yang mengangkat tema tentang perkembangan musik reggae di Indonesia belakangan ini juga merupakan sebuah indikasi “the uprising of Indonesia reggae music” telah dimulai. Kita mengenal Mas Tony Q Rastafara, Steven and Coconut Trees, Souljah, Ras Muhammad, Pasukan Lima Jari, UpRising, Gangstarasta, Joni Agung and Double T sebagai “reggae musicians” yang turut meramaikan jagad musik reggae tanah air. (ups)

Related

music 6158841337645249009

terkini

Recent Posts Widget

populer

TrueBusiness

Newsletter

item