disqus

Japanese Seminar Series 2017 UBL Bukan Seminar Biasa




Datangkan 6 Keynote Speaker Jepang



INDONESIANSTUDY.com – JAKARTA   Seperti tahun-tahun sebelumnya Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta kembali  menyelenggaraan Japanese Seminar Series (JSS).  Tahun ini (2017) UBL masuk pada JSS yang ketiga mengangkat tema Tema Role of Japanese Cultural Values for Innovation, dengan mendatangkan enam keynote speaker langsung dari Jepang.


Mereka adalah Duta Spesialis Bidang Kerjasama dan Budaya Jepang Indonesia Ryo Nakamura, Director PT Amerta Indah Otsuka, Regional Manager, Indor Japan Airlines, Regional Manager Indor Japan Airlines, President Director PT Yaskawa Electric Indonesia, President Director PT Fuji Film Indonesia dan President Director PT Kawai Indonesia Japanese.

Rektor Universitas Budi Luhur Didik Sulistyanto mengutip ini bukan seminar biasa. Seminar ini memiliki dampak yang begitu besar bagi kegiatan perkuliahan Universitas Budi Luhur khususnya. Dia berencana akan memoles seminar ini kedalam bentuk perkuliahan Satuan kredit semester (SKS) yang berbeda dengan kuliah reguler lainnya.

“Jangan pandang ini hanya sebuah seminar, ini harus kita poles menjadi suatu perkuliahan dalam bentuk (SKS), yang masuk dalam SKS International Class yang pengajarnya diambil langsung dari Jepang ,” ucap Rektor.

Dia menambahkan, kelas ini akan berbeda dengan kelas kelas reguler lainnya dengan berbasis Jepang pada sisi ekonomi, sisi diplomatik, sisi enterpreneurship,  sisi marketing dan lain sebagainya.

Menurutnya ini sama dengan program yang sudah diberlakukan Universitas Indonesia dengan Inggris dalam mengembangkan SDM dan lulusan yang berkualtas.

Japanese Seminar Series UBL 2017 diadakan dalam 6 seri mulai hari ini ( 11 Oktober 2017) sampai dengan 29 November 2017. Seri Pertama dibuka oleh Rektor Universitas Budi Luhur di Ruang Theater Universitas Budi Luhur.

Untuk seri pertama adalah Minister Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Ryo Nakamura dengan materi Membangun Jepang dan masyarakat, serta pentingnya hal ini bagi Indonesia. Bertindak sebagai moderator dosen F akuitas Ilmu Komunikasi dan dosen Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana UBL Denik Iswardani Witarti.

Ryo Nakamura  menerangkan, berbicara mengenai sejarah Jepang dan bagaimana Jepang berhasil membangun sebuah masyarakat salahsatunya adalah tanpa menghilangkan prinsip sebagai orang Jepang sejati. Meski terdapat kesulitan dalam membangun hal tersebut tapi orang Jepang berusaha untuk mengikutinya demi menjadi negara dan masyarakat yang maju.

Dia Ryo Nakamura menjelaskan, warga Indonesia yang bekerja pada perusahaan asing di Jepang dan perusahaan Jepang itu sendiri itu hampir 80 persen warga Jepang. Sudah 15 tahun sudah Jepang bekerjasama dengan Indonesia, karena dianggap Indonesia punya potensi yang besar dimana pelatihan dan pendidikannya bagus  untuk  bekerja  di perusahaan jepang.

UBL juga akan bekerjasama dengan negara tetangga Taiwan dan akan mengirim 150 mahasiswanya untuk belajar pada akhir semester selama 1 semester khusus S1 reguler program. Mahasiswa yang akan dikirim akan dibekali segala sesuatunya, terutama bahasa.

Karena menurut Ketua Pelaksana JSS UBL 2017 Ririt Roeswindah bahasa adalah bekal yang utama untuk bekal beradaptasi mereka. (ysf)

Related

national 3080315666331252498

terkini

Recent Posts Widget

populer

TrueBusiness

Newsletter

item