disqus

Wisuda Usahid Ke 42 Fokus pada Penguatan SDM di Era 4.0


BPOM Minta Tingkatkan SDM dan Teknologi

 



INDONESIANSTUDY.com – JAKARTA - Universitas Sahid (Usahid) Jakarta Kamis, 25 April 2019 melaksanakan wisuda yang ke-42 di Hotel Sahid Jl. Sudirman Jakarta. 260 wisudawan dan wisudawati terdiri atas 4 orang Program, 14 orang  Program Magister, 237 Program Sarjana dan 5 orang Diploma Tiga.

Rektor Universitas Sahid Prof.Dr.Ir.Hardinsyah,MS. menjelaskan, upacara Wisuda yang merupakan peristiwa puncak suatu proses pembelajaran mahasiswa  sekaligus laporan kegiatan akademik Rektor dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik. 

Dalam melaksanakan proses pembelajaran universitas patuh dan taat azas sesuai dengan ketentuan aturan yang ditetapkan Kemenristek Dikti  dan Lembaga Layanan Dikti Wilayah III.

Sehingga Rektor menyebut pada saat ini Universitas Sahid menjadi perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sehat dalam tata kelola dan memiliki legalitas yang baik. “Alhamdulilah pada tahun 2018 yang lalu Kemenristek Dikti telah  menetapkan USAHID pada peringkat ke 114 (cluster 3)  dari 3320 perguruan tinggi di Indonesia, hal ini menunjukkan peningkatan kualitas akademik dan kepercayaan pemerintah kepada Usahid”, ucap Rekor.

Rektor menambahkan, wisuda ke 42 ini merupakan  puncak suatu proses pembelajaran mahasiswa pada Tahun Akademik 2018/2019, sekaligus sebagai salah satu agenda dari rangkaian acara memperingati Dies Natalis ke-31 Universitas Sahid. 


Dies Natalis Usahid akan digelar dengan berbagai kegiatan seperti Open House Program Pascasarjana, Seminar Nasional SKK- Migas ,Lomba Debat Pangan, Pameran Sahid Food Technology (Safotec). Selain itu juga ada  Talk Show Bela Negara  oleh Menteri Kelautan.Wisuda kali ini Usahid mengambil tema Tantangan dan peluang pengawasan mutu dan keamanan pangan di era 4.0: Implikasi pada penguatan SDM sangat relevan dengan learning out-come Prodi  di lingkungan USAHID di era industry 4.0.

Pandangan dan wawasan disampaikan  Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP, menjadi penyemangat dalam memperluas wawasan serta penguatan Universitas Sahid dalam meningkatkan kualitas lulusan ditengah kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0.
 
Dalam laporanya Rektor juga menyampaikan sejumlah prestasi yang telah dicapai Usahid setahun belakangan ini antara lain

1.  Prestasi Akademik ;

Dosen prodi Gizi juara 1 dan 2 the Best Poster Presenter pada acara PATPI-SEAFAST International Conference di JCC Jakarta. Guru Besar Fatepakes menjadi Guest Speaker pada the 19th International Conference on Nutrition and Physical Activity di Taichung Taiwan. USAHID pada TA. 2018/2019 menerima sebanyak 30 mahasiswa Bidikmisi dari LLDIKTI, Dibuka Program Kelas Blended untuk Prodi Manajemen dan Akuntansi untuk 3 batch  denganjumlah mahasiswa sebanyak 877 orang.

2. Penelitian/Publikasi/HAKI

Dosen Fakultas Teknik melakukan pengabdian kepada masyarakat dan proposal mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti RI. LPPM TA. 2018 – 2019, kegiatan penelitian dengan pendanan Eksternal sebanyak 30 judul dengan keterlibatan dosen sebanyak 81 orang dan total pembiayaan sebesar Rp 3.117.617.500. sedangkan pendanaan internal sebanyak 33 Judul yang melibatkan 50 orang dosen dan total pendanaan sebesar 127. 600.000,-. Perolehan HAKI pada tahun 2018 – 2019 sebanyak 18 Hak Cipta.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat

FIKOM USAHID melaksanakan PKM Dosen& Mahasiswa, bertempat desa Kadu Agung Banten bentuk kegiatan : pengecatan masjid, pembuatan perpustakaan desa, mengajar di SDN Kadu Agung, kegiatan olah raga bersama masyarakat.

LPPM – USAHID melaksanakankegiatan PKM pendanaan eksternal sebanyak 3 judul dengan keterlibatan 19 orang dosen dengan total biaya sebesar Rp 305.800.000,-,  sedangkan pendanaan internal sebanyak 10 judul yang melibatkan 16 orang dosen dengan pendanaan sebesar 29.700.000,-

4. Kemahasiswaan

Mahasiswa Prodi Manajemen atas nama Sdr.  Rafianur Gondowarsito menjadi anggota Delegasi PBB mewakili Indonesia pada Model United Nations di Bali.

Tiga Tim mahasiswa dari Prodi Gizi dan Teknik Lingkungan lolos dalam program Kreatifitas Mahasiswa 2019 yang didanai Kemenristek Dikti.

Mahasiswa Prodi Gizi juara terbaik lomba Karya Tulis Ilmiah kategori mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan menjadi Juara 2 Proposal Bisnis dari 5500 Proposal Bisnis yang ikut serta dalam Gerakan Secangkir Semangat  yang diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Kopi Kapal Api. Mahasiswa Prodi Gizi memperoleh the Best Presentation pada lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Universitas Pasundan Bandung. Mahasiswa Prodi Gizi sebagai Juara 3 dan the Best Idea lomba Tingkat Nasional Paper Competition Forest Week di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

5. Pengembangan Infrastruktur Lembaga

Renovasi Kampus USAHID telah dimulai pada tahun 2018  diawali dengan kegiatan renovasi perbaikan Lobby kampus, pelayanan penerimaan mahasiswa baru lantai 1 dan renovasi ruang kerja Fakultas Teknik, Fatepakes dan Fakultas Hukum lantai 3. Pada tahun ini dimulai pembangunan tampak depan kampus USAHID mohon doa restu, dilanjutkan dengan Ruang kuliah setiap lantai yang ditargetkan selesai keseluruahan tahun 2020.




Dalam meningkatkan pelayanan akademik yang bekualitas di erainformasi (digital), telah dibangun sistem informasi akademik yang terintegrasi  antara lain Pengelolaan Akademik, Pengelolaan SDM dan Keuangan, Sistem Penjaminan Mutu Internal dan sistem informasi yang terintegrasi dengan Kemenristek Dikti. 

Termasuk dengan penguatan SDM Teknologi USAHID dan penguatan jaringan  internet dengan merubah jaringan LAN menjadi Virtual Local Area Network(VLAN).

Komitmen USAHID untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikan merupakan salah satu tantangan dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, karya riset dan teknologi dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi sekaligus dapat mengedepankan jati diri bangsa Indonesia.(ysf)

Related

national 4415787524742284582

terkini

Recent Posts Widget

populer

TrueBusiness

Newsletter

item