disqus

Wisuda Usahid ke 43 Bangun Aturan Hukum Berkepastian dan Berkeadilan


Rektor Kholil: Dari Sisi Hukum Harus Bisa Menyesuaikan Diri


INDONESIANSTUDY.com – JAKARTA - Universitas Sahid Jakarta (Usahid) menyelenggarakan Wisuda ke-43 hari ini (20/11/19) di Puri Agung Convention Hall Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, mengangkat tema Membangun Aturan Hukum Yang Berkepastian dan Berkeadilan di Era Digital 4.0, siap merespon perkembangan di era digital dengan sistim perkuliahan yang sesuai. 
Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Sahid Prof. Dr. Ir. H. Kholil, M.Kom, usai acara kepada media di Jakarta.

“Mengucap Puji Syukur Alhamdulillah pada hari ini Usahid mewisuda 293 orang yang terdiri atas 7 Doktor  34 Master  sisanya S1 dan Diploma,” ucap Rektor.

Dia menjelaskan, mengangkat tema tersebut  adalah  seabagai upaya usahid untuk memyesuaikan diri terhadap perkembangan yang ada, karena menurutnya  dengan berkembangnya era digital ini  membuat banyak perubahan yang sangat signifikan dari yang bersifar fiktif menjadi bersifat maya dan imajiner.

“Dari sisi hukum harsus segera menyesuaikan diri, Usahid memiliki Fakultas Hukum  yang kedepannya akan segera mersepon perkembangan di era digital ini dengan memberikan sistem perkuliahan yang sesuai seperti misal technogical and law, cyber crime dan lain sebagainya,” jelas Rektor optimis.

Pandangan dan wawasan Orasi Ilmiah juga disampaikan  Ketua Badan Pengembangan Hukum Nasional (BPHN) Republik Indonesia yang diwakili Kepala Bidang Bantuan Hukum BPHN  Arfan Faiz Muhlizi, dengan tegas menjawab tantangan  era digital pada revolusi industri 4.0 yang tidak hanya dihadapi oleh dunia pendidikan, namun juga konstruksi hukum nasional. 

Menurutnya dunia hukum dituntut untuk dapat merespon perubahan aktifitas manusia dari dunia ril ke dunia digital yang maya,  termasuk perubahan sifat kejahatan menjadi kejahatan digital, yang semakin hari semakin meningkat sehingga perlu antisipasi secara tepat dan cepat.
                                                                                                                                                      
Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA, selaku Ketua  Pembina  Yayasan  Kesejahteraan  Pendidikan  dan  Sosial Sahid  Jaya, antara lain menyampaikan bahwa Tantangan yang dihadapi perguruan tinggi di Indonesia khususnya Universitas Sahid adalah bagaimana mempersiapkan dan memetakan angkatan kerja dari lulusannya dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Kurikulum dan metode pendidikan harus disesuaikan dengan perubahan iklim bisnis, industri yang semakin kompetitif dan mengikuti perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi dan sains.  Namun demikian filosofi kehidupan yang ke-Indonesiaan harus tetap ditanamkan untuk membentengi dampak dari revolusi ini terhadap pola sikap dan perilaku yang buruk.

Bapak Sukamdani (alm) sebagai Pendiri YSJ telah banyak menanamkan filosofi kehidupan diantaranya filosofi kebersamaan dan kekeluargaan sebagai dasar hubungan kerja, seperti filosofi Tri Watak Budi Luhur (taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbakti kepada orang tua dan cinta keluarga dan profesi) sebagai dasar kehidupan.
Lalu ada  filosofiTri Pakarti Utama  (Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani) sebagai dasar kepemimpinan;filosofiIlmu - Amal Soleh sebagai dasar pendidikan yang bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan dalam pembangunan.

Ada filosofi Tri Dharma sebagai dasar pengabdian (rumongso melu handarbeni, wajib melu hangrungkebi, mulat sariro hangroso wani; artinya merasa ikut memiliki, wajib turut memelihara, berani mengoreksi dan mawas diri), yang semuanya relevan untuk terus dijadikan landasan pola tindak dan sikap untuk menghadapi tantangan ini,” jelas Wiryanti.




Peraih IPK Tertinggi Wisuda Usahid ke- 43 

Pada acara Wisuda 43 Usahid Jakarta, Wisudawan/ Wisudawati yang meraih IPK tertinggi di Program Studi untuk Program Doktor, Program Magister,  Program Sarjana, yaitu :Program Pascasarjana, Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi, Dr. Des Hanafi, M.IK. dengan IPK. 3.89, Program Studi Magister Yadi Kusmayadi, MM.  

Program Studi Mahgister Manajemen dengan IPK. 3.87.Program Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Program Studi Manajemen,  Fatimahtuz Zahra,S.M dengan  IPK  3.90. 

Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi, ArifNurachman,S.I.K. dengan IPK 3.82. Fakultas Teknik Program Studi Teknik Lingkungan, Nurul Fauziah,S.T.dengan IPK 3,87. Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Program Studi Teknologi Pangan, Sheila Zahra Ariasty, S.T.P. dengan IPK 3.80. 

Fakultas Hukum,  Program Studi Ilmu Hukum, Megasyifa Sitiningtyas,S.H. dengan IPK 3.96. Dan peraihSahid University Awardpada Wisudake-43USAHID Jakarta sebagailulusanterbaikdari yang terbaik(Best of the Best)adalah Megasyifa Sitiningtyas,S.H.,dengan IPK 3,96.(ysf)

Related

national 938749235524572052

terkini

Recent Posts Widget

populer

TrueBusiness

Newsletter

item