disqus

Universitas Budi Luhur Bangun Mental Wirausaha di Era Covid

INDONESIANSTUDY.com - JAKARTA - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang teramat dahsyat di berbagai sektor usaha dan lapisan masyarakat. Virus yang tidak mengenal kasta ini telah memborbardir kehidupan masyarakat Indonesia sejak akhir Februari lalu.

Unit bisnis yang mengalami kerugian dan mengarah kepada pailit (colapse) sehingga mengakibatkan banyak perusahan yang melakukan pemberhentian terhadap tenaga kerjanya (PHK), dan tentunya berdampak sekali kepada mereka sebagia masyarakat menengah ke bawah. 

Melihat situasi ini, Universitas Budi Luhur bekerja sama dengan Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat mengadakan pelatihan JakPreneur dengan tema Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi Untuk Pemberdayaan Masyarakat Dalam Situasi Pandemi Covid-19 (03/03).

Hal ini digelar untuk membangun mental wirausaha dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga khususnya Warga Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Acara didahului dengan pemaparan dari Suku Dinas PPAPP, dilanjutkan motivasi wirausaha dari praktisi dan informasi fasilitas permodalan dari Bank DKI dan materi terakhir adalah Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi Untuk Pemberdayaan Masyarakat Dalam Situasi Pandemi COVID-19 dari fasilitator Universitas Budi Luhur, Dr. Arief Wibowo, M. Kom. 

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 37 orang dari berbagai kalangan, mulai dari kepala keluarga, ibu rumah tangga hingga  tingkat remaja seputar Petamburan. Informasi yang diberikan meliputi pengantar kewirausahaaan, perubahan model bisnis (e-business) di Indonesia, strategi pemasaran berbasis teknologi, seluk beluk marketplace di Indonesia, sekilas tentang fintech untuk dukungan usaha kecil/mikro, model bisnis rumahan berbasis teknologi, pemanfaatan gawai untuk peningkatan bisnis rumahan dan pembuatan ijin usaha kecil berbasis online.

Kegiatan terlaksana dengan baik diharapkan informasi tentang pengetahuan Wirausaha Berbasis Teknologi Untuk Pemberdayaan Masyarakat Dalam Situasi Pandemi COVID-19 ini tepat sasaran dan bermanfaat. 

Tim Fasilitator telah melakukan evaluasi dengan menggunakan instrument kuesioner. Hasil evaluasi kegiatan menyatakan bahwa mayoritas peserta kegiatan ini (89%) telah memahami luaran kegiatan yang direncanakan dan menyatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan harapan.

Seluruh peserta terlihat sangat antusias dan atas materi yang diberikan, interaksi dengan fasilitator berjalan cukup aktif disertai tanya jawab dan candaan positif yang mencairkan suasana agar tetap aktif dan interaktif. 

Kegiatan ini juga menghasilkan hubungan baik yang lebih erat antara pihak Universitas Budi Luhur khususnya Fakultas Teknologi Informasi dengan pengurus wilayah Kecamatan Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat karena disepakati kerjasama berikutnya berupa pelatihan khusus pemanfaatan media sosial untuk pemasaran.*(ysf)

Related

nasional 5317759922465414229

terkini

Recent Posts Widget

populer

TrueBusiness

Newsletter

item